Pelaksanaan Posyandu Dukuh Klagen Bulan September 2021 Desa Gunungsari

  • Sep 09, 2021
  • gunungsari-batangan

Pelaksanaan Posyandu Dukuh Klagen Bulan September 2021 Desa Gunungsari

Gunungsari- Hari Selasa, tanggal 07 Agustus 2021 di adakan kegiatan Posyandu Balita atau penimbangan balita Dukuh Klagen, bertempat di Punden Klagen yang dilaksanakan secara rutin tiap bulan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kader Posyandu,Petugas Puskesmas Batangan, Bidan Desa Gunungsari dan dihadiri oleh balita dan ibu- ibu Balita Dukuh Klagen.  Kegiatan posyandu kali ini adalah Penimbangan dan Imunisasi. Posyandu  adalah jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak, dan manfaat posyandu adalah memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare. Sasaran Posyandu adalah bayi umur 0-1 tahun, anak balita, umur 1-4 tahun, ibu hamil dan pasangan usia subur. Tujuan Posyandu adalah mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak. Meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak sehingga menurunkan angka kematian ibu dan anak dan mempercepat penerimaan norma keluarga kecil bahagia sejahtera, peningkatan gizi ibu dan anak serta penanggulangan diare. Petugas Kader Posyandu Klagen Ibu Rayuti menjelaskan Bahwa “Pelaksanaan penimbangan balita di Posyandu di Klagen adalah untuk pemantauan kesehatan ibu dan anak, pendataan pertumbuhan, perkembangan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita,” Ungkapnya. Pendataan tumbuh kembang Balita tersebut di catat oleh kader di  buku KMS.  Selain Penimbangan,Imunisasi juga ada pemberian PMT kepada Balita untuk peningkatan Gizi Balita yang dilaksanakan oleh Kader Posyandu Klagen. Adapun buku KMS adalah buku untuk mencatat dan memantau perkembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan, dan dari KMS dapat di ketahui status pertumbuhan anak. Di Posyandu balita Klagen kali ini balita juga mendapat layanan imunisasi di Balai Desa Gunungsari, bagi Balita yang belum melaksanakan Imunisasi. Macam- macam imunisasi yang di berikan di posyandu saat ini adalah :
  • Imunisasi BCG untuk mencegah penyakit TBC, di berikan hanya sekali di berikan bayi usia 2 atau 3 bulan.
  • Iminisasi DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertisis ( batuk Rejan ), tetanus, di berikan sebanyak 4 kali dengan jadwal pemberian berturut-turut pada bayi usia 2bulan,3 bulan,4 bulan, terakhir umur 18 bulan.
  • Imunisasi Polio untuk mencegah kelumpuhan, di berikan 4 kali yaitu saat bayi baru lahir atau paling lambat 1 bulan,selanjutnya berturut-turut di usia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan.
  • Imunisasi Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B ( penyakit kuning ), di berikan pada bayi sebanyak 4 kali, usia 1 bulan dan berturut-turut usia 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan.
  • Imunisasi Campak untuk mencegah pneumonia, diare dan radang otak, di berikan sebanyak 3 kali yaitu saat usia 9 bulan, 18 bulan, dan 6 tahun.
Pemberian Imunisasi di sesuaikan dengan umur dan daftar di KMSnya yang belum melakukan Imunisasi, maka pada kesempatan kali ini  yang belum melaksanakan tahapan Imunisasi di berikan Imunisasi oleh Bidan Desa Gunungsari yaitu Ibu Vina Purwandani yang dilaksanakan di Gedung Polide Desa Gunungsari. Dengan adanya Posyandu balita, masyarakat Desa Gunungsari khususnya masyarakat Dukuh Klagen sangat mendukung sekali terutama ibu- ibu yang mempunyai balita, dengan ikut berpartisifasi dalam kesuksesan dan kelancaran kegiatan posyandu ini. Karena dengan adanya Posyandu tumbuh kembang anak bisa terkontrol dengan baik, dan kesehatan ibu dan anak bisa terjaga. Apalagi dalam pertemuan di Posyandu ibu-ibu Balita di himbau oleh Kader Posyandu untuk berpola hidup sehat dan berpola makan yang sehat dalam keluarga sehingga bisa tercipta keluarga yang sehat dan bahagia.