Penetapan APBDesa Tahun Anggaran 2022 Desa Gunungsari

Penetapan APBDesa Tahun Anggaran 2022 Desa Gunungsari

Gunungsari- Penetapan APBDesa Gunungsari Kecamatan Batangan Tahun Anggaran 2022 di tetapkan pada Hari Jum’at, 24 Desember 2021 pada pukul 09.00 bertempat di Balai Desa Gunungsari.

Acara hari itu di hadiri oleh Bapak Camat Batangan, Kapolsek, Danramil. Kasi PMD Kecamatn, PD/PLD Kecamatan Batangan, Babinsa, Babinkamtibmas serta Lembaga Desa, Tokoh Masyarakat Desa Gunungsari. Dan acara di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang di pandu oleh kader KPMD Ibu Suprihati, SPd.

Dalam sambutan Bapak Camat Batangan Bapak Subono, SH.MM menyampaikan bahwa sesuai Peraturan Presiden No 104 Tahun 2021 bahwa prioritas  penggunaan Dana Desa Tahun 2022 yakni untuk BLT minimal 40 %, Ketahanan pangan 20%, dan Pencegahan Covid 19,8% tetapi sebelum itu di tetapkan, desa sudah menetapkan RKPDes sesuai hasil Musyawarah Desa yang telah di sepakati. Tapi jika Perpres tersebut di wajibkan maka Desa juga harus siap untuk melakukan perubahan”, ungkap pak Subono.

Berdasarkan Rancangan APBDesa yang di sampaikan Ibu Kapala Desa Gunungsari Supriyati, ST yaitu mencakup Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa antara lain Pengembangan Sistim Informasi Desa/ SDGS , KPMD, dll. Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa antara lain : mencakup bidang Pendidikan, bidang kesehatan, Sub Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang serta sub Bidang Kawasan Pemukiman/ RTLH. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan berupa bantuan lembaga keagamaan , Pembinaan LPMD dan PKK. Bidang Pemberdayaan Masyarakat meliputi dukungan penanaman modal Bumdes serta pembangunan kios Bumdes lanjutan. Bidang penangulangan Bencana meliputi pencegahan dan penanganan Covid-19 dan  BLT DD.

Penandatangan Berita acara Penetapan APBDesa Tahun 2022 oleh Kepala Desa dan BPD

Sebelum penetapan APBDesa ini Pemerintah Desa sudah melaksanakan pembahasan APBDesa bersama Tim Kecamatan, dan RKPDes Tahun 2022 di sampaikan dalam forum rapat saat itu kepada lembaga desa untuk dicermati kemudian disepakati dan selanjutnya ditanda tangani oleh Kepala Desa, wakil Masyarakat serta mengetahui ketua BPD dan ditetapkan menjadi APBDesa Tahun 2022

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar