Kelas Ibu Hamil Desa Gunungsari

Kegiatan Kelas Ibu Hamil Di Balai Desa Gunungsari

Gunungsari- Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil warga Desa Gunungsari bertempat di Balai Desa Gunungsari pada hari Sabtu tanggal 21 Agustus 2021 dengan di pandu oleh Bidan Desa Gunungsari Ibu Vina Purwandani dan dari Petugas Kesehatan lain dari Puskesmas Batangan serta Kader Kesehatan Desa Gunungsari.

Kelas Ibu Hamil adalah Kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu ( menjelang persalinan ) dengan jumlah maksimal 10 orang.

Tujuan Kelas Ibu Hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan , perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB, pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos/ kepercayaan/ adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran. Adapun keuntungan kelas ibu hamil adalah materi di berikan secara menyeluruh dan terencana.

Penyuluhan dan Penyampaian materi saat ini lebih komprehensif karena ada persiapan petugas sebelum penyajian materi. Sasaran kelas ibu hamil adalah umur kehamilan 4 sampai 36 minggu karena pada pada umur kehamilan itu kondisi ibu sudah kuat.

Kegiatan ini sangat penting untuk ibu-ibu hamil karena ibu hamil bisa memahami tentang kesehatannya, serta hal yang perlu dilaksanakan selama menjalani kehamilan dan Kegiatan kelas ibu hamil ini di lakukan secara berkala supaya ibu-ibu hamil terus bisa terpantau janin yang ada dikandungan sampai nanti masa persalinan dan setelah persalinan. Dan sekaligus pemerintahan Desa Gunungsari menghimbau kepada warganya yang saat ini sedang menjalani masa kehamilan segera bisa koordinasi  dengan Bidan Desa Gunungsari, jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan agar bisa segera teratasi masalah kehamilanya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar