Pembangunan Talud Jalan Nusa Indah Desa Gunungsari Dari Bantuan Keuangan Pemerintah Kabupaten Pati Tahun 2020 Sudah Mencapai 100 %

Pembangunan Talud Jalan Nusa Indah Desa Gunungsari Dari Bantuan Keuangan Pemerintah kabupaten Pati sudah mencapai 100%

Gunungsari – Pada hari selasa tanggal 22  Desember 2020 telah dilaksanakan Pembangunan Talud Jalan Nusa Indah sudah mencapai 100 %. Pelaksanaannya secara swakelola desa yang di jalankan oleh TPK ( Tim Pelaksana Kegiatan ) Desa Gunungsari . Penganggaran kegiatan pembangunan Talud tsb dibiayai dari Dana Bantuan Keuangan Pemerintah Kabupaten Pati sesuai SK Bupati Tentang Penerima dan Besaran Bantuan Untuk Pembangunan Sarana dan Prasarana Pedesaan Pada Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020 di Kabupaten Pati. Adapun biaya Pembangunan Talud tersebut sebesar Rp 100.000.000,-. Volume kegiatan pembangunan Talud jalan sepanjang 198 M. Dengan lebar 0,3 M dan 0,5 M dengan ketinggian talud yaitu 1,5 M.

Lokasi kegiatan terletak di Jalan Nusa Indah RT 06 RW 01 melanjutkan Pembangunan Talud dari Bantuan Keuangan Propinsi Jawa Tengah kemarin. Jalan yang di bangun Talud merupakan jalan Penghubung Desa Gunungsari dengan Jalan Pantura dan area persawahan para petani dan area pembuatan batu bata merah warga Desa Gunungsari. Pembangunan Talud di Jalan ini keberadaannya sangat dibutuhkan warga Desa Gunungsari mengingat Desa Gunungsari merupakan kawasan Desa Pertanian dan Desa Produksi batu bata merah. Maka Akses kelancaran Transportasi sangat mendukung upaya peningkatan produksi dan kesejahteraan para petani dan pembuat batu bata merah warga Desa Gunungsari dengan adanya Pembangunan Talud tsb.

Di samping Akses kelancaran Transportasi, Talud Jalan tersebut di bangun dengan tujuan memperkuat jalan agar tidak cepat ambles atau longsor karena kondisi tanah yang tidak stabil juga karena posisi tanah di kiri kanan jalan kedalamannya yang tidak sama ada yang curam ada yang dangkal. Dan Pembangunan Talud tsb bisa sebagai penahan badan jalan dan jalan akan stabil dan tidak rusak lagi  saat musim hujan sehingga memudahkan Para Petani mengangkut pupuk dan hasil pertanian saat musim panen tiba dan pengangkutan Produk batu bata merah.

TPK Desa Gunungsari yang merupakan Tim Pelaksana mengawali kegiatan Pembangunan dari kondisi 0% serta penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan penyusunan proposal permohonan  dan pengajuan pencairan Bantuan Keuangan kepada Pemerintah Desa Gunungsari untuk peningkatan sarana dan prasarana pedesaan di Kabupaten Pati.

Pembangunan Talud Jalan Tani tersebut sangat di butuhkan Warga Desa Gunungsari mengingat Desa Gunungsari merupakan kawasan Pertanian Penghasil Produk-Produk Pertanian serta penghasil industri batu bata merah. Dengan kelancaran transportasi bisa mendukung peningkatan produksi pertanian sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan para petani dan para pembuat produksi batu bata merah pada khususnya dan peningkatan kesejahteraan warga Desa Gunungsari pada umumnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar