Sosialisasi Dan Pembentukan Posbindu, PTM Di Balai Desa Gunungsari

Gunungsari- Pada hari Jum’at, tanggal 13 Nopember 2020 dilaksanakan Sosialisasi dan Pembentukan Posbindu Desa Gunungsari Khususnya Penyakit Tidak Menular (PTM).

Pelaksanaan Sosialisasi Posbindu, PTM oleh Petugas Puskesmas di Balai Desa Gunungsari

Sosialisasi dan Pembentukan Posbindu, PMT dilaksanakan di Balai Desa Gunungsari di Balai Desa Gunungsari di mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai. Pertemuan di hadiri petugas Puskesmas Bidang Perawat yaitu Sri Puji Lestari sebagai Fasilitator dan Anik Eko Supriyanti, dan Pelindung Posbindu adalah Kades Gunungsari Supriyati, ST dan 10 Kader Kesehatan Desa Gunungsari, serta di hadiri Bidan Desa Gunungsari dan Perangkat Desa Gunungsari.

Penyampaian Sosialisasi Posbindu, PMT Desa Gunungsari oleh petugas Puskesmas Batangan Bidang Perawat Sri Puji Lestari Yaitu menyampaikan Tentang :

Posbindu, PTM singkatan dari Pos Pembinaan Terpadu, Penyakit Tidak Menular. Posbindu adalah bentuk peran serta Masyarakat, Kelompok Masyarakat atau organisasi dalam upaya promotif-preventif untuk mendeteksi dan pengendalian dini keberadaan faktor resiko bersama Penyakit Tidak Menular dan merupakan upaya pencegahan primer pada kelompok masyarakat aktif.

Tujuan dan Manfaat Posbindu, PTM (Pos Pembinaan Terpadu, Penyakit Tidak Menular ) yaitu Membudayakan masyarakat dengan gaya hidup sehat dalam lingkungan yang kondusif serta mawas diri dalam faktor resiko PTM yang kurang menimbulkan gejala secara bersamaan segera dapat terdeteksi dan terkendali secara dini. Adapun Sasarannya adalah masyarakat mulai umur 15 sampai 60 Tahun baik sehat maupun sakit.

Kegiatan Posbindu PTM yaitu :

  • Pengalian informasi faktor resiko dengan cara sederhana tentang riwayatPTM
  • Pemeriksaan fisik (pengukur lingkar perut, tekanan darah, TB, BB, analisis lemak tubuh
  • Pemeriksaan fungsi paru, gula darah, kolesterol, trigiserida, IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat), dan pemeriksaan kadar alkohol pernafasan
  • Konseling dan penyuluhan
  • Aktifitas fisik dan atau olah raga bersama
  • Rujukan kefasilitas layanan dasar

Sarana dan peralatan yang di perlukan dalam Posbindu PTM yaitu Tempat kegiatan, lima set meja kursi, pengukur tinggi badan, timbangan berat badan, pita pengukur badan, alat pengukur glokosa, kolesterol, dan alat pengukur trigiserida, bodyfat analizer, tensi meter, buku identitas peserta, kartu monitoring faktor resiko PTM (KMR-PTM), formulir pencatatan dan pelaporan ke puskesmas dan dinas kesehatan.

Sambutan Kepala Desa Gunungsari Supriyati, ST dalam sosialisasi Posbindu, PTM

Sambutan oleh kepala Desa Gunungsari Supriyati, ST menyatakan bahwa “ Sosialisasi Posbindu saat ini mohon di tindak lanjuti agar bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Dan sebagai kader kesehatan desa harus bisa memberi motifasi dan penjelasan yang tepat tentang pentingnya Posbindu kepada masyarakat Desa Gunungsari agar warga bisa memahami sehingga semangat mengikuti kegiatan pelaksanaan Posbindu di Desa Gunungsari ini”.

Pelaksanaan Pembentukan Posbindu Desa Gunungsari oleh Petugas Puskesmas Batangan

Acara dilanjutkan Pembentukan Posbindu yang di pandu petugas Puskesmas Batangan Sri Puji Lestari didampingi  Ibu Kades Gunungsari Supriyati, dengan keputusan sbb :

Nama Posbindu Desa Gunungsari : SEJAHTERA

Tempat pelaksanaan Posbindu : Balai Desa Gunungsari

Waktu Pelaksanaan : Hari Senin Minggu ketiga setiap bulan

Pelindung : Puskesmas/ Dinas Kesehatan dan Kades Gunungsari

Ketua : Suprihati

Bendahara : Tukul Sudarti

Sekretaris : Sri Susanti

Anggota : Semua Kader Kesehatan Desa Gunungsari

Arahan dari Petugas Puskesmas Setiap Pertemuan Posbindu mendatangkan 20 warga Desa Gunungsari, dan pelaksanaan Posbindu setelah di bentuk di sepakati dilaksanakan besok setelah Pandemi Covid 19 berakhir. Dan acara di akhiri dengan bacaan Hamdallah Bersama dan ucapan terima kasih di sampaikan ibu Sri Puji Lestari petugas Puskesmas Batangan selaku fasilitator Posbindu di Desa Gunungsari.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar