Pelaksanaan Musrenbangdes Desa Gunungsari

Gunungsari- Pada hari Kamis, tanggal 22 Oktober 2020 Telah di laksanakan Musrenbangdes Desa Gunungsari di Balai Desa Gunungsari. Pelaksanaannya di mulai pukul 09.00 sampai pukul 11,30 WIB.

Sambutan Bapak Camat Batangan Subono, SH, MM dalam acara Musrenbangdes Desa Gunungsari

Pelaksanaan Musrenbangdes Desa Gunungsari di hadiri oleh Muspika Batangan, Ibu Kepala Desa dan Perangkat Desa Gunungsari, BPD, RT, RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan perwakilan dari unsur Perempuan.

Musrenbang Desa Gunungsari adalah Forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh Pemerintahan Desa Gunungsari ( pihak yang berkepentingan untuk mengatasi permasalahan desa dan pihak  yang akan terkena  dampak hasil musyawarah yang sudah dihadirkan dalam forum rapat ) untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran 2021.

Tujuan Musrenbang Desa Gunungsari saat ini  yaitu menampung dan menetapkan kegiatan prioritas sesuai kebutuhan masyarakat Desa Gunungsari, yang di peroleh dari musyawarah perencanaan pada tingkat RT dan RW. Menetapkan kegiatan Prioritas Desa Gunungsari yang akan di biayai melalui ADD, DD, BanKeu Prop/ Kab, atau sumber pendanaan lainnya yang di tuangkan dalam APBDes tahun 2021. Menetapkan kegiatan Prioritas yang akan di ajukan untuk di bahas pada forum Musrenbabg Kab. Pati di Tingkat Kecamatan Batangan.

Menyanyikan lagu Wajib Indonesia Raya di pimpin oleh Kader Desa

Pembacaan Doa oleh Kasi Pelayanan Bapak A. Sholeh untuk mengawali acara Musrenbangdes Desa Gunungsari agar berjalan lancar dan sukses

Acara Musrenbang Desa Gunungsari, setelah Pembukaan di laksanakan Menyanyikan lagu Indonesia Raya semua peserta rapat dan setelahnya pembacaan Doa oleh Kasi Pelayanan Desa Gunungsari untuk mengawali sebuah acara dan dilanjutkan Sambutan- sambutan mulai dari Ketua BPD, Bapak Camat Batangan, Kapolsek Batangan, Koramil Batangan, Yang inti sambutannya adalah memberi motivasi pelaksanaan Musrenbang Desa Gunungsari agar berjalan dengan tertib, aman dan lancar sesuai aturan yang berlaku. Dan dalam kegiatan apapun tetap mengedepankan Protokol Kesehatan di masa New Normal pandemi Covid 19.

Setelahnya acara penyampaian laporan Kepala Desa Gunungsari tentang pelaksanaan APBDes Gunungsari Tahun 2020 dilanjutkan penyampaian Gambaran Umum tentang rencana Kepala Desa Gunungsari untuk pelaksanaan APBDes Gunungsari Tahun 2021 yang berkaitan dengan Visi dan Misinya yang ditayangkan kelayar monitor dan di jelaskan langsung satu per satu oleh Kepala Desa Gunungsari Supriyati,ST.

Kepala Desa Gunungsari Supriyati, ST menyampaikan gambaran umum tentang rencana untuk pelaksanaan APBDes Gunungsari Tahun 2021 yang berkaitan dengan Visi dan Misinya

Acara inti adalah Pelaksanaan MusrenbangDes Gunungsari di Pimpin langsung oleh ketua BPD desa Desa Gunungsari Supriyadi SPd, yaitu Pemaparan daftar prioritas gagasan pada saat Musdus di tingkat RW dan RT antara lain : Pembangunan Talud, Pembangunan Saluran Air, Rehap cagar budaya, lanjutan Pembangunan Gedung Bumdes, pavingisasi, Pembangunan Gedung Pemberdayaan, Kegiatan Posyandu ( balita, lansia, kelas ibu Hamil, dan kelas ibu balita ), Pembuatan Jalan Baru, Pelatihan- pelatihan, penyertaan modal Bumdes dan lain- lain.

Setelah pembentukan Tim Penyusun RKPDes dan di adakan diskusi/ rembug desa dalam Musrenbangdes Gunungsari di sepakati Prioritas usulan untuk di rencanakan dan di alokasikan pada RKPDes dan APBDes Tahun 2021 yaitu Pembangunan Talud Jalan Tani, Pembangunan Saluran Air, Rehab Cagar Budaya, Pavingisasi, Pembangunan Gedung Bumdes lanjutan, Pembangunan Gedung Pemberdayaan,Kegiatan Posyandu, Pembuatan Jalan Baru, RTLH, Perencanaan ( RPJMDes ), Peningkatan kapasitas, Penyertaan Modal Bumdes, Penanganan Covid 19.

Dan menyepakati Prioritas usulan yang akan di bawa pada Musdes di tingkat Kecamatan Batangan yaitu Tembok Penahan Tanah sungai Gondang Jalan Pertanian Desa Gunungsari. Dan Menyepakati 2 Orang Delegasi Desa untuk mengawal usulan Desa ke Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Pati di Tingkat Kecamatan yaitu Supriyadi, SPd dan Suprihati SPd.

Penanda tanganan Berita Acara Musrenbangdes Desa Gunungsari oleh Ketua BPD Bapak Supriyadi dan Kepala Desa Gunungsari Ibu Supriyati

Acara di lanjutkan Pandangan Umum BPD dan Kades terhadap hasil Diskusi, di lanjutkan penandatanganan Berita Acara hasil Musrenbangdes. Dan sambutan Ibu Kepala Desa Gunungsari mengakhiri acara Musrenbangdes yaitu Ibu Kepala Desa Gunungsari Supriyati menyampaikan bahwa “ Semua kegiatan pembangunan yang tercantum dalam RPJMDes Desa Gunungsari  sudah di laksanakan mulai tahun 2015 sampai tahun 2020, dan semoga di akhir jabatannya ini, sisa Pembangunan yang belum terlaksana di RPJMDes akan di laksanakan dan terealisasi dalam RKPDes dan APBDes tahun 2021, sehingga visi misinya sebagai Kepala Desa selama ini sudah terpenuhi, “ ungkapnya. Dan acara di tutup oleh Pembawa Acara dengan bacaan Hamdallah bersama-sama oleh peserta musrenbangdes.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar