Pertemuan Sosialisasi Pemakaian Masker Untuk Pencegahan Covid-19

Gunungsari- Pada Tanggal 19 Oktober 2020, hari Senin telah di laksanakan Pertemuan Sosialisasi Pemakaian Masker Untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19. Sosialisasi tersebut di laksanakan di Balai Desa Gunungsari. Acara tersebut di laksanakan pada Pukul 09.00 WIB hingga selesai pukul 11.30 WIB.

Pertemuan Sosialisasi Pemakaian Masker di Balai Desa Gunungsari

Sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh Puskesmas Batangan, sebagai Fasilitator adalah Petugas Sanitasi dan Kesehatan Puskesmas Batangan yaitu Ibu Prihatin dan Bapak Parno. Peserta Sosialisasi adalah Kader Desa, RT, RW, Bidan Desa sebanyak 15 orang. Sosialisasi tsb dihadiri oleh Ibu Kepala Desa dan Perangkat Desa Gunungsari.

Pengisian Sosialisasi oleh Ibu Prihatin membahas tentang Membudayakan 3 M yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak dan menghindari kerumunan dan Mencuci Tangan Pakai Sabun dengan air yang mengalir. Pemakaian Masker harus di lakukan dengan cara tepat dan benar. Masker yang di pakai harus sesuai standart kesehatan dan jangan pakai masker scuba, pakai masker setiap 4 jam harus ganti masker yang lain, setelah selesai pakai masker harus langsung di cuci, pembuangan masker harus di rusak dulu agar tidak bisa di daur ulang. Dan para Kader Desa ini untuk selalu mensosialisasikan kepada warga Desa Gunungsari yaitu “Maskerku Melindungimu, Maskermu Melindungiku dan Masker Kita melindungi Kita Semua”.

Ibu Kades Gunungsari Supriyati mendampingi Fasilitator Sosialisasi Pemakaian Masker untuk Pencegahan Covid 19 dari Puskesmas Batangan yaitu Ibu Prihatin dan Bapak Parno

Pengisian Sosialisasi oleh Bapak Parno membahas tentang 4 macam hal yang berpengaruh dalam derajat Kesehatan seseorang yaitu : Genetika, Lingkungan, Perilaku dan Pelayanan Kesehatan. Ke 4 hal tersebut berpengaruh juga dalam Penyebaran Covid 19 jijka kita bisa menjaga lingkungan dengan baik dan sehat serta ber perilaku dengan tertib dan menerapkan protokol kesehatan maka kita bisa memutus penyebaran Covid 19. Dan untuk Pencegahan Penyebaran Covid 19 bisa dengan cara 3 T yaitu Testing ( pemeriksaan laborat ), Tracing ( Pelacakan ), dan Treatment ( Pengobatan ).

Sambutan Ibu Kepala Desa Gunungsari Supriyati, ST menghimbau agar peserta Sosialisasi untuk menindak lanjuti dalam kehidupan sehari-hari dan di sosialisasikan kepada warga Desa Gunungsari di lingkungan masing-masing yaitu membudayakan 3 M yaitu Memakai Masker dalam aktivitas apapun juga, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan, Dan Mencuci Tangan Pakai Sabun dengan air mengalir sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas, agar warga Desa Gunungsari terhindar dari Penyebaran Covid- 19.

Suprihati Guru Paud selaku Kader Desa memberi contoh 6 langkah cara CTPS

Arara di lanjutkan dengan salah satu Kader Desa yaitu : Suprihati maju ke depan menjelaskan dan memberi contoh 6 Langkah cara CPTS ( Cuci Tangan Pakai Sabun ) yaitu :

  1. Basahi tangan, gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.
  2. Usap dan Gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Bilas dengan air bersih dan keringkan

Dan Acara di akhiri dengan praktek langsung para peserta Sosialisasi yaitu CTPS ( Cuci Tangan Pakai Sabun ) dengan air yang mengalir di depan Balai Desa Gunungsari.

acara praktek langsung CPTS ( Cuci Tangan Pakai Sabun ) oleh peserta Sosialisasi  

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar