Pelaksanaan KKN Mahasiswa UMK Tahun 2020 Di Desa Gunungsari

Gunungsari- Pada hari Senin, tanggal 12 Oktober 2020, 2( dua) Orang Mahasiswa dari UMK ( Universitas Muria Kudus ) Progdi Manajemen memulai kegiatan pelaksanaan KKN di Desa Gunungsari yaitu Ahmad Fauzi warga Desa Gunungsari RT 03 RW 02 dan Ahmad Para Fredya Amin juga Warga Desa Gunungsari RT 04  RW 02. Pelaksanaan kegiatan KKN tersebut selama satu bulanaan yaitu mulai tanggal 12 Oktober sampai tanggal 14 November 2020.

KKN Mahasiswa UMK menyerahkan Permohonan Izin melaksaanakan KKN di Desa Gunungsari kepada Ibu Kepala Desa Gunungsari Supriyati

Sebelumnya pada hari Jumat, Ahmad Fauzi dan Ahmad Para Freda Amin sudah minta izin kepada Kepala Desa Gunungsari Supriyati,St untuk melaksanakan Kegiatan KKN di Desa Gunungsari dengan menyerahkan Surat Permohonan Izin Pelaksanaan KKN UMK Tahun 2020.

Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Di Desa gunungsari merupakan bentuk kegiatan pengapdian masyarakat yang bersifat tematik. Dan merupakan Program Pengabdian dan kegiatan nya terfokus pada bidang tertentu sesuai  permasalahan kemasyarakatan dan arah kebijakan pembangunan yang di selenggarakan di wilayah Desa Gunungsari.

KKN Mahasiswa UMK menyampaikan Program Kerjanya Kepada PemDes Desa Gunungsari

Adapun pelaksanaan Kegiatan KKN di Desa Gunungsari di lakukan secara Individu di tempat tinggal masing-masing mahasiswa tersebut,  dengan Tema “ Pencegahan Covid-19 dan Ketahanan Pangan “ . Dengan kegiatan tersebut di harapkan dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap pencegahan penularan Covid-19 dan menjaga Ketahanan Pangan di lingkungan mahasiswa KKN tersebut yaitu di Lingkungan Desa Gunungsari.

Pelaksanaan KKN UMK tahun ini berbeda dengan sebelumnya, lokasi KKN sesuai dengan domisili Mahasiswanya, lain dari tahun sebelumnya pelaksanaannya di fokuskan ke desa tertentu. Pengambilan KKN tematik Pencegahan Covid-19 dan Ketahanan Pangan berdasarkan beberapa alasan. Paling Utama yaitu untuk membantu Pemerintah Pusat dan Daerah dalam penanggulangan penyebaran Covid-19, selain itu membangun kerja sama dengan masyarakat dalam mewujudkan Ketahanan Pangan.

Dalam pelaksanaan Kegiatan KKN pada hari Senin Kemarin, ke 2 Mahasiwa melaksanakan pembicaraan kepada Kepala desa dan  Perangkat Desa Gunungsari mengenai Kegiatan- Kegiatan apa saja yang menjadi Program yang akan di laksanakan di Desa Gunungsari dan memaparkan Program Wajib yang akan dikerjakan di Desa Gunungsari selain membantu Pelaksanaan Kegiatan yang dilaksanakan Pemdes Gunungsari yaitu kegiatannya antara lain :

  • Pembagian masker kepada pelaku usaha makanan yang akan dilaksanakan di warung- warung makanan di Desa Gunungsari,
  • Menbuat tempat cuci tangan di rumah ibadah yaitu di Mushola Melati RT 03 RW 02,
  • Sosialisasi penanaman modal tumpang sari ikan lele dan sayuran Kangkung Di lahan pekarangan Dedik RT 07 RW 02,
  • Sosialisasi pemanfaatan pekarangan warga Desa Gunungsari sebagai tempat penanaman bahan makanan seperti sayur-sayuran yaitu tomat, terong, dll,
  • Memberikan Pendampingan belajar kepada anak-anak Sekolah Dasar warga Desa Gunungsari,
  • Mengadakan Pelatihan pemasaran Produk UMKM warga Desa Gunungsari memalui Jenjang Sosial Media misalnya : Pemasaran krecek Teri ibu Sulasrti, Anyam- anyaman klasik warga Dukuh Sawo, dll.

Ahmad Fauzi dan Ahmad Fara Fredya menyampaikan juga “ mohon Dukungan dari Ibu Kades Desa Gunungsari beserta staf dan Lembaganya agar pelaksanaan  Kegiatan KKNnya di Desa Gunungsari bisa berjalan lancar dan Sukses serta bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Gunungsari” Ungkap Ahmad Fauzi salah satu KKN UMK tsb.

Ibu Kades Supriyati menyampaikan “ Selamat Datang dan Kami menyambut niat KKN UMK  dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Desa Gunungsari. Kami berharap pula Program yang di bawa Mahasiswa UMK dalam KKN ini, nantinya dapat membantu Pemerintahan Desa Gunungsari dalam membangun dan mengembangkan Potensi Desa, membantu dalam sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan dalam masa New Normal Pandemi Covid- 19 dan Membantu dalam Peningkatan Ketahanan Pangan Warga Desa Gunungsari, Ungkapnya”.

KKN Mahasiswa UMK membantu Pengisian Data UMKM dan Data Pertanian Di Kantor Desa Gunungsari

Kegiatan hari itu kedua Mahasiswa KKN tersebut yaitu Membantu pelaksanaan Kegiatan Pemerintah Desa Gunungsari  dengan melaksanakan pengisian Data lahan Pertanian dan data  UMKM warga Desa Gunungsari.

Dan untuk program – program kegiatan pelaksanaan KKN UMK di Desa Gunungsari akan dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan selama satu bulan ini.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar