Pelaksanaan Posyandu Balita Dukuh Sawo Desa Gunungsari

Posyandu  adalah jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak, dan manfaat posyandu adalah memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare. Sasaran Posyandu adalah bayi umur 0-1 tahun, anak balita, umur 1-4 tahun, ibu hamil dan pasangan usia subur warga Sawo Desa Gunungsari.

kader posyandu sedang mengukur lila / lingkar lengan balita

Tujuan Posyandu adalah mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak. Meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak dan mempercepat penerimaan norma keluarga kecil bahagia sejahtera, peningkatan gizi ibu dan anak serta penanggulangan diare.

Hari ini, Selasa tanggal 8 September 2020 di adakan kegiatan Posyandu Balita atau penimbangan balita Dukuh Sawo, bertempat di Punden Sawo yang dilaksanakan secara rutin tiap bulan.

Kegiatan posyandu kali ini adalah Penimbangan dan Imunisasi, yang di ikuti oleh semua balita dan ibu balita, ibu hamil, menyusui, PUS warga dukuh Sawo.

Pelaksanaan penimbangan balita di Posyandu adalah untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita, kemudian di catat di  buku KMS.

kader Posyandu Sulastri sedang memberi arahan pada ibu balita untuk hidup dan pola makan yang sehat

Adapun buku KMS adalah buku untuk mencatat dan memantau perkembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan, dan dari KMS dapat di ketahui status pertumbuhan anak.

kader posyandu Sulastri sedang mengukur tinggi badan Bryan Bara Attaya usia 4 tahun

Di posyandu balita Sawo kali ini balita juga mendapat layanan imunisasi, bagi yang belum melaksanakan Imunisasi, macam- macam imunisasi yang di berikan di posyandu saat ini adalah :

  • Imunisasi BCG untuk mencegah penyakit TBC, di berikan hanya sekali di berikan bayi usia 2 atau 3 bulan.
  • Iminisasi DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertisis ( batuk Rejan ), tetanus, di berikan sebanyak 4 kali dengan jadwal pemberian berturut-turut pada bayi usia 2bulan,3 bulan,4 bulan, terakhir umur 18 bulan.
  • Imunisasi Polio untuk mencegah kelumpuhan, di berikan 4 kali yaitu saat bayi baru lahir atau paling lambat 1 bulan,selanjutnya berturut-turut di usia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan.
  • Imunisasi Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B ( penyakit kuning ), di berikan pada bayi sebanyak 4 kali, usia 1 bulan dan berturut-turut usia 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan.
  • Imunisasi Campak untuk mencegah pneumonia, diare dan radang otak, di berikan sebanyak 3 kali yaitu saat usia 9 bulan, 18 bulan, dan 6 tahun.

Pemberian Imunisasi di sesuaikan dengan umur dan daftar di KMSnya yang belum melakukan Imunisasi, maka pada kesempatan kali ini  yang belum melaksanakan tahapan Imunisasi di berikan Imunisasi oleh Bidan Desa Gunungsari yaitu Ibu Ika Sulistiyani.

Dengan adanya Posyandu balita, masyarakat Desa Gunungsari sangat mendukung sekali dan ikut berpartisifasi dalam kesuksesan dan kelancaran kegiatan posyandu ini.

Karena dengan adanya Posyandu tumbuh kembang anak bisa terkontrol dengan baik, dan kesehatan ibu dan anak bisa terjaga. Apalagi dalam pertemuan di Posyandu ibu-ibu Balita di himbau oleh Kader Posyandu untuk berpola hidup sehat dan berpola makan yang sehat dalam keluarga sehingga bisa tercipta keluarga yang sehat dan bahagia.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar