Pementasan Karawitan Cinde Laras Desa Gunungsari Dalam Rangka Memeriahkan HUT Kemerdekaan Bangsa Indonesia Yang Ke 75 Serta Nguri Uri Budaya Jawa

Pagelaran Karawitan Gamelan di pentaskan semalam di punden Klagen  dalam rangka ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke 75. Serta mengenalkan dan melestarikan budaya jawa untuk tetap di kenal oleh generasi muda agar tidak punah serta perwujudan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa Indonesia.

Oleh karena motivasi tersebut Kepala Desa Gunungsari Supriyati semalam mengadakan pementasan karawitan Cinde Laras Desa gunungsari yang di ketuai Bapak Sutoyo yang beralamat di RT 03 RW 01 Dukuh Klagen Desa Gunungsari. Ibu Kepala Desa Supriyati menyampaikan Keprihatinannya kepada Generasi muda yang mulai tidak mengenal budayanya sendiri, yang mulai meninggalkan budayanya dan kebarat-baratan.

ibu Supriyati mengatakan langkah pemdes Gunungsari untuk melestarikan budaya Gamelan jawa sangatlah serius, hal itu ditandai memberi motivasi pemuda agar melaksanakan latihan karawitan secara rutin tiap malam di balai Desa Gunungsari dengan menggunakan seperangkat Gamelan bantuan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pati.

Atas Dorongan Ibu Kades maka tiap malam para pemuda dan karang taruna Desa Gunungsari rutin latihan karawitan gamelan tersebut dengan antusias yang di pimpin bapak Sutoyo agar budaya karawitan gamelan jawa tetap lestari, serta agar para generasi muda mengenal  budaya gemelan  atau karawitan tsb dan timbul rasa cinta terhadap budaya bangsa sendiri.

Pentas seni karawitan semalam sebagai perwujudan nguri uri budaya jawa dengan kata lain, kegiatan ini sebagai bentuk memelihara dan melestarikan kebudayaan jawa serta perwujudan rasa cinta tanah air dan cinta budaya bangsa kita sendiri dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 75 dan rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah di perjuangkan oleh para Pahlawan Kemerdekaan negara tercinta ini untuk menuju Indonesia Maju.

Pementasan karawitan semalam sangat di dukung oleh warga Desa Gunungsari khususnya pemuda dan Karang Taruna, terbukti dengan kehadiran mereka mengikuti acara sampai selesai. Dan mereka berharap yang di polopori Ketua Karang Taruna Desa Gunungsari Bapak Suroso ”agar kegiatan Karawitan Cinde Laras ini tetap dijaga dan di lestarikan agar tetap langgeng sampai anak cucu kita tetap melestarikannya”. Walaupun para pemirsa yang hadir cukup banyak tapi tetap mengunakan protokoler kesehatan dengan mengunakan masker dan tetap jaga jarak. Sehingga acara berjalan dengan lancar sampai acara selesai di tutup oleh ketua karawitan Cinde Laras Bapak Sutoyo dengan Doa bersama.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar