Cegah COVID-19 Perangkat Desa Gunungsari Lakukan Pendataan Warga Yang Baru Pulang Dari Merantau

Gunungsari- Himbauan Muspika Batangan beserta Puskesmas Batangan agar perangkat desa mengadakan kunjungan ke warga untuk melakukan pendataan terhadap masyarakat yang baru pulang dari merantau untuk di himbau sementara waktu untuk malaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari guna mencegah dan memutus rantai penyebaran covid-19 yang sudah merebah di berbagai daerah.

Covid-19 tak nampak oleh mata, penyebarannya bisa di mana saja dan kapan saja, maka kami selaku aparat desa Gunungsari selalu waspada, jika ada warga pulang atau datang dari luar daerah pasti dari fihak RT atau RW selalu segera melaporkan kepada perangkat desa yang menangani wilayah RT atau RW nya untuk segera mengunjungi dan melaksanakan pendataan ke rumah warga tersebut lalu hasil pendataan di laporkan ke dinas kesehatan setempat yaitu Puskesmas Batangan.

Contohnya yang Ibu Purwati  lakukan tadi malam melaksanakan pendataan di rumah Bapak Tarmuji RT 01 RW 01, sebagai perangkat desa Purwati  yang membawahi RT 01 RW 01 ada laporan dari pengurus RT 01 RW 01 bahwa Tarmuji baru datang dari merantau, lalu segera ibu Purwati melaksanakan kunjungan, pendataan dan himbauan kepada Tarmuji untuk melakukan hal-hal yang di anjurkan Pemerintah agar bisa mencegah penyebaran covid-19.

Adapun pendataan yang dilakukan ibu Purwati selaku perangkat desa Gunungsari di rumah Tarmuji yaitu mendata : Nama, tempat tanggal lahir, No NIK , No HP, merantau dari mana, Pulang Kapan, sudah di rapid test apa belum  dan lain-lain. Maka setelah pendataan Tarmuji selesai, hasil pendataannya langsung di kirim ke Puskesmas Batangan lewat WA.

Setelah selesai pendataan, Ibu Purwati menghimbau sesuai arahan Pemerintah dan Puskesmas Batangan kepada Tarmuji untuk taat melaksanakan protokol kesehatan yaitu dengan Isolasi Mandiri selama 14 hari, barang-barang bawaannya dari merantau semua di cuci bersih pakai sabun dan Tarmuji untuk mandi membersihkan diri sebelum melakukan komonikasi dengan keluarga, sering cuci tangan pakai sabun atau handsaniteser, hindari kerumunan, jaga jarak, selalu pakai masker serta menjaga kebersihan serta berpola makan yang sehat. Sehingga bisa mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar