Pendataan 1000 HKP dan Stunting Oleh Kader PPKBD

Setelah di adakan pelatihan Kader Peran Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa ( PPKBD) maka pada hari ini Kamis tanggal 30 Juli 2020 di Balai Penyuluhan KB kecamatan melaksanakan pendataan 1000 Hari Kehidupan Pertama (HKP) dan penanganan stunting. Sebagai narasumbernya adalah tim Penyuluh KB Kecamatan Batangan dan pesertanya adalah Kader PPKBD se Kecamatan Batangan, termasuk Kader PPKBD Desa Gunungsari Ibu Suprihati, SPd.

Pemetaan sosial merupakan proses di tingkat desa untuk mengidentifikasi dan mendata status layanan sasaran 1000 HKP dan kondisi konvergensi layanan serta pendataan penanganan stunting yang menjadi tugas dari kader PPKBD.

Adapun pendataan yang perlu dilakukan kader PPKBD meliputi : pendataan dalam keluarga, jumlah ibu hamil, pertumbuhan anak usia 0-1 tahun, anak usia 1-2 tahun, anak usia 2 sampai usia 5 tahun, jarak kelahiran anak pertama dan kedua, berat badan anak lahir, panjang badan anak lahir, pendataan pemakaian alat kontrasepsi, serta pendataan anak stunting.

Pentingnya pendataan ini adalah untuk mengetahui pemenuhan kebutuhan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan sehingga bisa mengurangi malnutrisi atau stunting . Dampak malnutrisi yang terjadi pada anak dapat menghambat anak dalam melakukan aktivitas fisik maupun belajar. Dengan adanya pendataan ini bisa segera di ambil tindakan pencegahan agar pertumbuhan gizi anak terpenuhi dan perkembangan pertumbuhan anak sehat dan normal yaitu  dengan menjaga kesehatan ibu dan anak serta pemberian gizi yang cukup.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar