Inspeksi Sanitasi DAMIU Oleh Puskesmas Batangan Di Desa Gunungsari

Tujuan inspeksi petugas sanitasi dari Puskesmas Batangan adalah secara prinsip agar proses pengolahan air yang dilakukan pada DAMIU harus memenuhi syarat kesehatan. Pada hari Senin tanggal 20 Juli 2020 Petugas Puskesmas Batangan melakukan Inspeksi Sanitasi atau pemeriksaan Depot Air Minum Isi Ulang ( DAMIU ) di Desa Gunungsari yaitu Ibu Prehatin dan Ibu Ika Sulistiyani, untuk mengetahui apakah Proses pengolahan memenuhi syarat Kesehatan apa tidak. Dan pelaksanaan Inspeksi di desa Gunungsari didampingi oleh Perangkat Desa Gunungsari Ibu Purwati. Di Gunungsari cuma satu DAMIU yaitu milik Bapak Purtono beralamat Di Dukuh Sawo RT 05 RW 02.

 

Depot Air Minum ( DAM ) adalah usaha yang melakukan proses pengolahan air baku menjadi air minum dalam bentuk curah dan menjual langsung kepada kunsumen. Inspeksi Sanitasi secara Internal dilakukan oleh pengusaha depot air minum isi ulang itu sendiri, sedang Inspeksi secara eksternal di laksanakan oleh petugas kesehatan, dalam kesempatan kali ini di lakukan oleh petugas kesehatan sanitasi dari Puskesmas Batangan yaitu Ibu Prehatin.

Dalam Inspeksi Ibu Prehatin menjelaskan tata cara pengambilan sampel untuk pemeriksaan air secara mikrobiologis dan secara kimia dan menjelaskan bahwa air minum harus memenuhi syarat- syarat kesehatan, baik fisik kimia, radio aktif maupun mikrobiologi yang tidak mengakibatkan gangguan kesehatan, sehingga di harapkan pemilik depot mempercayai validasi pengambilan sampel yang dilaksanakan dan meningkatkan kesadaran mereka untuk melakukan pemeriksaan air secara mandiri ke Puskesmas Batangan, juga meningkatkan kualitas air yang dijual dan hygiene sanitasi. Serta ibu Prehatin menghimbau pada DAMIU untuk mempunyai izin usaha agar mempunyai kekuatan hukum dalam menjalankan usahanya.

Tujuan Inspeksi secara prinsip pada DAMIU agar proses pengolahannya mampu menghilangkan semua jenis pencemar baik fisik, kimia maupun mikrobiologi. Sedangkan tujuan garis besarnya adalah agar proses pengolahan air pada DAMIU terdiri atas penyaringan (filtrasi) dan disinfeksi.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar