NGuri- Uri Budaya Nanjak Selamatan Sedekah Bumi Dukuh Sawo

Kegiatan adat istiadat leluhur Desa Gunungsari khususnya Dukuh Sawo selalu di uri2, terbukti pada pelaksanaan sedekah bumi Dukuh Sawo di adakan nanjak atau selamatan yang jatuh pada hari ini Senin Pahing  di bulan dzulhijjah atau bulan apit ( di hitungan jawa ) tanggal 20 Juli 2020. Pelaksanaan kegiatan Sedekah bumi Dukuh Sawo selalu rutin dilaksanakan pada hari, bulan yang sama setiap tahunnya.

Pelaksanaan Sedekah Bumi dihadiri semua warga dukuh Sawo, Khususnya Kepala Desa Gunungsari ibu Supriyati dan semua Perangkat Desa Gunungsari serta tokoh- tokoh masyarakat Desa Gunungsari. Ritual Nanjak atau Selamatan ataupun juga sodakohan adalah ritual yang dilaksanakan setiap Kepala Keluarga warga Dukuh Sawo dengan berbondong- bodong menuju Punden Sawo dengan membawa ambengan, dan setelah terkumpul di punden Sawo maka Pak Modin Kaur Kesra Desa Gunungsari Ahmat Sholeh memberi aba- aba persiapan kalau acara doa akan dimulai. Setelah doa selesai di bacakan maka ambengan di bagikan untuk warga lain desa yang mau meminta ambengan warga Dukuh Sawo.

Pembagian ambengen kepada warga luar desa di atur para pemuda dan karang taruna, dengan pembagian yang merata. Pelaksanaan ritual nanjak atau selamatan atau sodakohan dilaksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan yaitu cuci tangan sebelum memasuki area Punden Klagen, jaga jarak dan pakai Masker.

Adapun acara nanjak selamatan sedekah bumi dukuh Sawo adalah ucapan dan rasa syukur atas kenikmatan penghidupan yang di berikan Allah SWT, dengan harapan dengan melaksanakan shodakoh maka semua warga desa Gunungsari khususya dukuh Sawo akan di berikan keluasan rezeki, kesehatan dan keselamatan. Aamiin.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar