Kegiatan Imunisasi Posyandu Dukuh Klagen Desa Gunungsari

Pelaksanaan kegiatan imunisasi balita dukuh Klagen dilaksanakan pada hari ini, Kamis tanggal 16 Juli 2020 di Posyandu Klagen bertempat di punden Klagen. Posyandu adalah jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak. Kegiatan ini selalu rutin dilaksanakan setiap bulan.

Manfaat Posyandu adalah memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, Imunisasi, Gizi, dan penanggulangan diare serta penimbangan balita. Kegiatan ini dilakukan rutin setiap bulan. Penimbangan dilaksanakan secara rutin di posyandu dengan membawa KMS ( Kartu Menuju Sehat ) yaitu kartu yang bisa untuk memantau pertumbuhan balita dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan anak. KMS juga mencantumkan jenis imunisasi.

Pelaksanaan Imunisasi di posyandu dilakukan oleh Bidan Desa Ika Sulistiyani, Imunisasi yang diberikan di Posyandu Klagen antara lain : Imunisasi BCG untuk mencegah penyakit TBC, Imunisasi DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis ( batuk rejan ), tetanus, Imunisasi Polio untuk mencegah kelumpuhan, Imunisasi Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B ( penyakit kuning ).

Pelaksanaan imunisasi sangat penting karena mampu mencegah balita tertular penyakit berbahaya. Selain cepat dan aman, Imunisasi juga hampir 100 % efektif. Jika ternyata anak tertular penyakit gejalanya pun lebih ringan, karena jika tidak melaksanakan imunisasi balita memiliki resiko lebih tinggi untuk tertular penyakit berbahaya  yang dapat mengakibatkan kecacatan hingga kematian.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar