Kegiatan Posyandu Lansia Desa Gunungsari

Posyandu lansia adalah kegiatan posyandu lanjut usia untuk meningkatkan kesejahteran lansia baik fisik maupun psikologis. Pengertian Lanjut usia sendiri merupakan seseorang yang mencapai umur 60 tahun ke atas. Hari ini pelaksanaan Posyandu Lansia dikelola oleh kader posyandu desa Gunungsari di Punden Sawo.

 

Tujuan posyandu lansia adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia,
  2. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelayanan kesehatan lansia di samping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Bentuk pelayanan posyandu lansia antara lain meliputi pemeriksaan kesehatan fisik dan mental emosional dengan di catat oleh kader posyandu untuk mengetahui lebih awal penyakit yang di derita ( deteksi dini ) atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi, sedangkan jenis pelayanan kesehatan yang di berikan kepada warga lanjut usia di posyandu adalah pemeriksaan aktivitas kegiatan sehari-hari meliputi kegiatan dasar dalam kehidupan lansia, seperti makan/ minum, berjalan, mandi, berpakaian, naik turun tempat tidur, buang air besar/ kecil dan sebagainya.

Kegiatan posyandu lansia dilaksanakan rutin setiap bulan, selain mendapat pmt ( makanan tambahan ) untuk perbaikan gizi, para lansia mendapat penyuluhan kesehatan agar berpola hidup dan berpola makan yang sehat untuk meningkatkan imun para warga lanjut usia apalagi di masa pandemi covid-19.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar