Belajar Bersama SIKSNG Oleh Kasi Kesra Dan Operator Desa Se Kecamatan Batangan

Bertempat di Aula Kecamatan hari ini Minggu tanggal 5 Juli 2020 diadakan kegiatan  belajar bersama aplikasi SIKSNG ( Sistim Informasi Kesejahteraan Sosial- Next Generation ) yang dihadiri dari DinSos Bapak Taufik, Kasi Kesra dan Operator Desa Sekecamatan Batangan. Untuk Gunungsari di hadiri  Bapak Ahmat Sholeh selaku Kasi Kesra dan Bapak SekDes Hari Agung Pambudi selaku operator Desa, Karena Hari nya minggu kegiatannya tidak pelatihan tapi belajar bersama.

Aplikasi SIKSNG  digunakan untuk menjelaskan secara detail tentang tehnis verifikasi dan validasi Database atau Basis Data terpadu mulai dari login sampai dengan cara input data melalui pengenalan tempat, keterangan perumahan, kepemilikan aset, dan keterangan sosial ekonomi ART. Database/ basis data yang dulu di sebut BDT ( Basis Data Terpadu ) adalah sebagai basis sumber data dari masyarakat yang manfaatnya di gunakan untuk mendapatkan bantuan- bantuan program dari Kementrian Sosial misalnya PKH ( Program Keluarga Harapan ), Penerima Bantuan Iuran ( PBI ) JKN, KKS/ Rastra, Subsidi LPG, Subsidi Listrik dan program- program bantuan lain dari Kementrian Sosial.

Database atau BDT adalah merupakan sumber data elektronik yang memuat informasi sosial, ekonomi, demografi dari seputar kehidupan rumah tangga dengan status kesejahteraan terendah. Harapan dari pembelajaran aplikasi SIKSNG  bertujuan agar penyaluran program- program bantuan dari Kementrian Sosial tepat sasaran, Himbauan dari Bapak Taufik dari DinSos pengisian data di aplikasi SIKSNG  harus benar- benar sesuai kondisi di lapangan sehingga pelaksanaan program- program dari Kementrian Sosial bisa berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi ART yang mempunyai status kesejahteraan rendah di masyarakat pedesaan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar