Pelihara Sapi Untuk Tabungan Masa Depan

Setiap harinya sedikitnya dua karung rumput habis dilahap  oleh ketiga sapinya,” kata M. Huda yang beralamat di RT 08 RW 02 Dukuh Sawo Desa Gunungsari yang telah memelihara sapi untuk masa depannya. Karena dengan memelihara sapi,  untuk para petani di desa merupakan tabungan masa depan, salah satunya untuk membiayai kebutuhan dadakan, ini sama saja buat tabungan, kalau ada kebutuhan dadakan, sapi bisa di jual dengan cepat, apalagi menjelang hari Raya Idhul Adha harga sapi bisa sangat mahal. Jadi jika M. Huda ada kebutuhan penting dengan biaya besar, M.Huda bisa langsung menjual sapinya.

Memelihara sapi sangat mudah karena pakan nya juga murah dengan cara memburu rumput dipersawahan disekitar desa Gunungsari kadang sampai keluar desa oleh M. Huda, kalau panen padi tiba, M. Huda juga selalu memburu jerami sebanyak- banyaknya, untuk jerami yang masih segar untuk di berikan langsung kepada sapinya dan langsung di makan sapinya saat itu juga, dan jerami  yang lain  dijemur terlebih dulu dan jika sudah kering di simpan di gadangan ( tempat menyimpan Pakan Sapi ) dan jerami yang kering di Gadangan dipergunakan untuk pakan sapi di waktu musim penghujan. Selain diberi pakan rumput dan jerami, sapinya M. Huda juga diberi pakan tambahan berupa katul, dan kadang di beri konsentrat.

Selain memelihara sapi, M. Huda bekerja apa saja, kadang bekerja sebagai buruh tani kadang juga ikut pergi bekerja dilaut, kebutuhan keluarganya bisa di penuhi dengan hasil bekerja M, Huda sehari- hari dan Untuk hasil dari ternak sapi untuk tabungan masa depan M.Huda dan keluarganya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar