Monitoring Program BSPS Atau Bedah Rumah Di Desa Gunungsari Oleh Tim Disperkim Kabupaten Pati

Pelaksanaan program BSPS ( Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya ) atau yang lebih di kenal sebagai Bedah Rumah. Program ini bertujuan agar lebih banyak masyarakat kurang mampu di daerah yang dapat meningkatkan kualitas rumahnya, dari rumah yang tidak layak huni menjadi rumah yang layak huni. Adapun beberapa target peningkatan kualitas rumah yang di perlukan adalah bagian atap, lantai, dan bagian dinding. Program BSPS ini sasaranya adalah Masyarakat yang berpenghasilan rendah ( MBR ) untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumah.

Pada hari ini Selasa tanggal 30 Juni 2020, Tim Monitoring dari DisPerKim Kabupaten Pati mengadakan monitoring serta pendataan rumah peserta program BSPS di Desa Gunungsari. Untuk Desa Gunungsari mendapatkan 30 Kuota MBR. Pendataan dan surve rumah peserta program BSPS antara lain pendataan tentang penghasilannya, pendataan bagaian atap rumah, bagian dinding, bagian lantai, sarana penerangan, pendataan sarana pengairan, serta pendataan swadaya yang di gunakan untuk belanja material atau membayar Tukang jika ada kekurangannya sesuai kesepakatan peserta dan penyedia barang ( Toko Material ) serta tim fasilitator program BSPS, misal swadayanya antara lain : Lembu, kambing, atau perhiasan.

Peserta program BSPS mendapat bantuan untuk bedah rumah Sebesar Rp 17,5 Juta yang terbagi menjadi dua bagian yang Rp 2,5 Juta untuk membayar tukang dikelola sepenuhnya oleh peserta BSPS, yang Rp 15 Juta untuk pembelian bahan material yang mengelola adalah penyedia barang atau toko material, dan Program BSPS ini tidak ada potongan Pajak Sepersenpun. Pendataan hari ini akan diferivikasi menuju tahapan berikutnya. Monitoring dan pendataan 30 peserta program BSPS Desa Gunungsari oleh Tim DisPerKim berjalan lancar dan di selesaikan pada hari ini juga, walaupun pendataan berakhir sampai menjelang Sholat Magrib.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar