Perangkat Desa Gunungsari Ikut Partisipasi Pelaksanaan Donor Darah Rutin Kecamatan Batangan

Pelaksanaan donor darah rutin dilakukan instansi kecamatan Batangan dengan PMI ( Palang Merah Indonesia ) setiap 3 bulan sekali, hari ini tanggal 13 Juni 2020 jadwal pelaksanaan donor darah, pelaksanaannya  sudah di mulai sejak pukul 09.00 WIB pesertanya dari Instansi Kecamatan Batangan, Kapolsek, Koramil dan Perangkat Desa Sekecamatan Batangan.

Donor Darah adalah proses menyumbangkan darah dari seorang donor kepada PMI untuk di teruskan kepada orang yang membutuhkannya. Adapun proses- proses donor darah melalui beberapa tahap antara lain :

  1. Pendonor harus sehat dengan persyaratan usia 17 sampai 65 tahun, berat badan di atas 45 kg, tekanan darah normal, tidak sedang minum obat, calon pendonor perempuan tidak sedang hamil atau menyusui, tidak mendonor jika kurang dari 2,5 bulan.
  2. Minimalkan resiko dari penyakit menular, petugas memastikan pendonor mempunyai resiko kecil untuk menderita hepatitis B, hepatitis C, atau HIV juga sifilis.
  3. Pemeriksaan tekanan, Hb, Golongan Darah petugas memeriksa tekanan darah, kadar hemeglobin ( Hb ) dan golongan darah calon donor harus normal.
  4. Pengambilan dan pengumpulan darah, petugas melaksanakan proses pengambilan darah sesuai prosedur setelah terkumpul 350 cc maka proses pengambilan darah dihentikan.
  5. Pemeriksaan Keamanan darah, sebelum diproses lebih lanjut dan di simpan di bank darah PMI, kantong- kantong darah yang terkumpul akan diperiksa apakah mengandung virus atau tidak.
  6. Transfusi ke pasien, saat seorang pasien butuh transfusi darah, orang yang butuh transfusi dan darah donor di pastikan PMI harus cocok.

Pelaksanaan Donor Darah pada hari ini yang dilaksanakan Instansi Kecamatan Batangan dan PMI berjalan lancar. Peserta Donor di Kecamatan batangan sangat antusias terutama peserta dari perangkat desa se kecamatan khususnya perangkat Desa Gunungsari. Jadi mari kita mendonorkan darah karena Setetes darah anda bisa menyelamatkan nyawa saudara kita.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar