Usaha Penggilingan Padi Ibu Supriyati Desa Gunungsari Yang Sukses

Tanaman padi bisa tumbuh subur di wilayah Kabupeten Pati, dan merupakan tanaman yang dapat menghasilkan beras yang digunakan untuk bahan pangan utama bagi para penduduk terutama masyarakat Desa Gunungsari karena beras merupakan makanan pokok utamanya dan persediaan akan beras sangat penting untuk ketahanan pangan bagi masyarakat, hal itu yang menjadikan Insfiratif ibu Supriyati yang beralamat RT 04 RW 01 Desa Gunungsari untuk membuka usaha Penggilingan Padi. Apa proses penggilingan padi ? , padi terlebih dahulu di jemur di bawah terik matahari sampai menjadi kering, setelah kering barulah padi digiling agar  bisa menghasilkan beras. Kendalanya jika musim penghujan karena tidak ada panas matahari sehingga tidak bisa melakukan penjemuran padi dan tidak bisa melakukan proses penggilingan, Tapi kendala itu sudah bisa di atasi oleh ibu Supriyati karena sekarang sudah mempunyai mesin pengering padi, sehingga membuat para petani atau masyarakat yang mau memproses padi untuk dijadikan beras, bisa diproses walaupun musim penghujan.

Membuka usaha penggilingan padi membutukan modal yang cukup besar, selain mempunyai tempat yang strategis dan tempat penjemuran yang luas harus punya keahlian di bidang usaha penggilingan padi. Usaha ibu Supriyati ini di rintis dari mulai nol sampai sekarang, karena keuletannya gudangnya sekarang sudah memiliki alat penggilingan otomatis, lantai jemur yang cukup luas, alat pemoles beras, alat pengering padi, ayakan, sparator ( alat pemisah beras dan sekam ) dan alat-alat lain yang di butuhkan dalam usaha penggilingan padinya. Nyaris tidak ada limbah dalam usahanya ibu Supriyati ini karena hasil dari proses penggilingan padinya bisa terjual semua mulai dari sekam, beras, dan katul. Beberapa karyawanpun direkrut untuk bekerja dalam usahanya, mereka adalah tetangga dan para petani desa Gunungsari yang mampu menunjang kelangsungan usaha ibu Supriyati.

Orang nomor satu di Desa Gunungsari ini walaupun perempuan adalah Kepala Desa serta pengusaha penggilingan padi yang sangat sukses, kesuksesan yang telah diraih tidaklah terlepas dari dukungan keluarga. Menurut warga Desa Gunungsari pada umumnya Ibu Supriyati adalah sosok yang ulet, jujur, disiplin, kerja keras dan pantang menyerah serta kerja sama yang dibangun dengan karyawan atau anak buahnya tampak suasana kekeluargaan dan terbangun apik antara anak buah / karyawan dengan Bos Cakap yang satu ini.

Beliau selain berusaha dengan gigih di sertai ibadah yang tekun dalam menjalankan usahanya, Beliau  juga bekerja sama dengan dolok serta pengusaha penggilingan padi lain di daerah sekitarnya, juga bekerja sama dengan pengusaha penggilingan padi di luar daerah sehingga meraih kesuksesan dan memiliki penghasilan yang lebih menjanjikan. Harapan Beliau hanyalah semakin sukses dan menjadi orang yang tidak hanya sukses materi namun sukses dalam meraih Ridhlo Illahi  Aamiin.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar