Musdes Desa Gunungsari Usulan Dan Penetapan Penerima Bansos Terdampak Efek Ekonomi Covid – 19

Pada hari rabu tgl 13 Mei 2020 pemdes desa Gunungsari mengadakan musdes usulan dan penetapan penerima bantuan sosial terdampak efek ekonomi covid – 19, dimana dihadiri semua pengurus lembaga desa Gunungsari dari Perangkat desa, BPD, LPMD, RT, RW, KPMD, Relawan Desa lawan Covid- 19  dan tokoh masyarakat. Acara rapat dipimpin langsung oleh Kepala Desa Gunungsari ibu Supriyati,ST dengan di dampingi ketua BPD Bp. Supriyadi,SPd dan Ketua LPMD Bp. Santosa,SPd MPd serta di hadiri dari fihak Muspika kecamatan Batangan,PD dan PLD desa Gunungsari.

Pembahasan musdes tsb adalah ferivikasi dan penetapan penerima bantuan sosial yaitu bansos BSP dan PKH peluasan , bansos BST , dan Bansos BLT dari Dana Desa. Setiap Ketua RT dan Pengurusnya mengecek data- data penerima Bansos tsb untuk di ferivikasi, diusulkan dan ditetapkan sebagai bahan pengajuan proposal penerima Bansos terdampak covid- 19.

Sasaran penerima BLT- Dana Desa adalah keluarga miskin non PKH atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata ( exclusion error ), dan mempunyai keluarga yang rentan sakit menahun/ kronis.

Krateria Keluarga Miskin adalah luas lantai kurang 8m2 per orang, lantai tanah/ bambu/ kayu murah, dinding bambu/ rumbia/ kayu murah/ tembok tanpa plester, buang air besar tanpa fasilitas/ bersama orang lain, penerangan tanpa listrik, air minum dari sumur/ mata air tidak terlindung/ sungai/ air hujan, bahan bakar kayu bakar/ arang/ minyak tanah, konsumsi daging/ susu/ ayam hanya 1 kali dalam seminggu, satu stel pakaian dalam setahun, makan 1-2 kali per hari, tidak sanggup berobat ke Puskesmas/ poliklinik, sumber penghasilan KK petani berlahan kurang dari 500m2,buruh tani,buruh nelayan,buruh bangunan,buruh perkebunan,pekerjaan lain berupah kurang dari 600 ribu per bulan, pendidikan KK tidak sekolah/tidak tamat SD/tamat SD, tidak memiliki tabungan/barang mudah dijual minimal Rp 500 ribu.

Pelaksanaan Musdes berjalan lancar, Pengusulan BLT-Dana Desa Gunungsari sdh memenunuhi paling sedikit 9 krateria dan penerima Bansos lain sudah disepakati pada musdes pada sore itu juga dan ditetapkan dalam berita acara penetapan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar