Usaha Tempe Bahan Baku Biji Kedelai ‘ Ibu Nur ‘ Desa Gunungsari

Olahan makanan yang satu ini menjadi salah satu makanan ciri khas negara Indonesia yang kini sudah di ketahui banyak orang di dunia yaitu Tempe. Dan merupakan salah satu lauk pauk dengan protein nabati yang tinggi, tempe juga dapat di olah untuk dijadikan sebuah makanan tertentu.

Karena bisnis makanan yang menggunakan bahan baku tempe sangat banyak , maka ibu Siti Nurjanah yang beralamat RT 03 RW 01 Desa Gunungsari Batangan membuka peluang usaha memproduksi tempe yang berbahan baku dari biji kedelai.

Cara membuat tempe melalui beberapa tahap proses pengolahan sehingga baru bisa menghasilkan tempe. Yang mengkonsumsi tempe setiap harinya semakin meningkat karena makanan tempe ini dijadikan alternatif sebagai pengganti protein hewani dan harganya cukup terjangkau, dan tempe dikonsumsi masyarakat setiap harinya karena bisa diolah menjadi berbagai olahan lauk dan gorengan.

Tempe banyak dibutuhkan masyarakat untuk di gunakan dalam berbagai acara penting seperti acara pernikahan, acara khitanan, acara ulang tahun dan acara penting lainnya. Dengan melihat kebutuhan masyarakat dengan tempe semakin meningkat , maka Ibu Siti Nurjanah berpeluang usaha memproduksi tempe, walaupun membutuhkan tenaga yang banyak dalam memproses pembuatan pengolahan tempe, tapi dia bersyukur bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Menghadapi persaingan bisnis tempe yang semakin ketat diapun berusaha mempersiapkan hal hal yang bisa mendukung kelancaran bisnis tempenya, antara lain :

  1. Target Konsumen, karena yang mengkonsumsi tempe dari kalangan masyarakat berkelas ekonomi rendah sampai kelas ekonomi atas maka produksinya tempe harus berkwalitas dan mengandung gizi yang bagus dan di kemas dengan berbagai ragam bentuk yang menarik.
  2. Proses produksi tempe, selama proses pengolahan tempe harus menggunakan peralatan yang mendukung dan kebutuhan air yang memadai sehingga menghasilkan tempe yang berkwalitas, higienis dan nikmat.

Ibu Siti Nurjanah mempunyai stategi yang jitu dalam menjalankan usaha tempenya yaitu dengan menjalin kerjasama dengan para penjual tempe dan pengusaha pengolah tempe yaitu pengusaha gorengan, pengusaha kuliner dan pengusaha pengolah tempe lainnya. Dan memastikan pengolahan bahan baku tempenya dari biji kedelai yang berkwalitas baik dan resep yang sesuai sehingga menghasilkan tempe yg bermutu baik. Serta ibu Siti Nurjanah menjual tempenya dengan harga pasaran dan dengan harga yang terjangkau.

Ibu Siti Nurjanah sudah ikut mensukseskan program desa, dengan menciptakan lapangan usaha sendiri dan meningkatkan penghasilan ekonomi keluarga serta menciptakan lapangan pekerjaan untuk warga desa Gunungsari.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar