Taman Baca Portable Desa Gunungsari

Dalam Wikipedia arti Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisis, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan. Kegiatan membaca meliputi membaca nyaring dan membaca dalam hati.

Manfaat dari membaca di antaranya adalah:
1. Stimulasi mental
2. Mengurangi stres
3. Pengetahuan
4. Memperbanyak kosakata
5. Memperbaiki memori
6. Keterampilan berpikir analitis
7. Meningkatkan konsentrasi
8. Keterampilan menulis
9. Ketenangan
10. Hiburan gratis

Namun di Indonesia, kondisi minat baca bangsa Indonesia cukup memprihatinkan. Berdasarkan studi “Most Littered Nation In the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Indonesia persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61). Padahal mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Anis Baswedan di acara final Gramedia Reading Community Competition 2016 di Perpustakaan Nasional, Salemba, Jakarta mengatakan bahwa Penilaian berdasarkan komponen infrastruktur Indonesia ada di urutan 34 di atas Jerman, Portugal, Selandia Baru dan Korea Selatan.

Maka dari hal tersebut perlu dilakukan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca dikalangan masyarakat Indonesia dan pada khususnya masyarakat Desa Gunungsari.
Untuk menunjang hal di atas, salah satu kegiatannya adalah dari Tim PKH kecamatan Batangan mengadakan kegiatan TAMAN BACA PORTABLE yang diselenggarakan pada hari kamis tanggal 27 Desember 2018.
Pada kegiatan tersebut, sasarannya adalah meningkatkan minat dan baca anak KPM PKH di era milenial.

Untuk menunjang peningkatan minat baca di Desa Gunungsari, maka di tahun anggaran 2019 nanti Kepala Desa Gunungsari ibu Supriyati, S.T akan mengadakan droping buku-buku perpustakaan dari anggaran ADD TA.2019 Desa Gunungsari.

Manfaat membaca selain bertambah pintar, kita juga akan terhibur. Jadi mulailah mencari sesuatu yang bagus untuk dibaca, jangan hanya mengamati status orang-orang di media sosial. [adm/sekdes]

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar